Tips Memilih Deposito BPR Untuk Pemula

Tips Memilih Deposito BPR Untuk Pemula

Tips Memilih Deposito BPR Untuk Pemula

Deposito BPR merupakan bentuk investasi yang menguntungkan dan aman. Investasi ini bisa memberikan keuntungan bagi investor melalui bunga yang diterima.

Seperti produk investasi lainnya, memilih deposito dari BPR yang tepat juga penting.

Cara Memilih Deposito BPR

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih deposito BPR:

1. Cari Tahu Suku Bunga yang Ditawarkan

Deposito masih menjadi produk perbankan favorit karena menawarkan bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Tabungan biasa hanya memberikan bunga mulai 0% hingga 2% per tahun, sehingga membutuhkan waktu lama untuk mencapai target modal.

BPR menawarkan bunga mulai dari 3,25% hingga 6% per tahun, sehingga memungkinkan Anda mencapai target modal secara lebih cepat dan optimal.

2. Pastikan Terdaftar di Lembaga Penjamin Simpanan

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memberikan jaminan untuk semua rekening yang memiliki simpanan maksimal Rp2 miliar, yang sebelumnya Rp100 juta menurut Pasal 11 Undang-undang LPS Nomor 24.

LPS juga menjamin jenis produk simpanan seperti giro, deposito, sertifikat deposito, tabungan, dan lainnya.

Dengan jaminan LPS, simpanan Anda terjamin dari risiko keuangan yang disebabkan perubahan kondisi ekonomi, sehingga Anda dapat tetap menabung deposito di BPR dengan rasa aman.

3. Cek Legalitas BPR

Untuk memastikan legalitas tempat Anda menyimpan atau meminjam dana agar terhindar dari penipuan fintech, periksalah laman Fintech di situs OJK. BPR sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain legalitas, transparansi laporan keuangan yang stabil juga menentukan kemampuan likuiditas tempat Anda menyimpan dana.

4. Fitur-Fitur yang Ditawarkan

Tips selanjutnya yaitu dengan membandingkan fitur yang disediakan, seperti Automatic Roll-Over (ARO) dan metode pembayaran bunga.

Metode pembayaran bunga yang tersedia biasanya adalah sekaligus di akhir atau pokok ditambah bunga dibayar di akhir. Seluruh transaksi deposito juga dilakukan secara transfer cashless untuk mencegah risiko fraud.

5. Lihat persyaratan

Deposito dari BPR memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Beberapa bank mungkin memiliki persyaratan modal minimum untuk membuka rekening.

Pastikan Anda memahami persyaratan yang berlaku sebelum membuka rekening deposito.

Deposito Super Plus bank CiJ

Deposito SuperPlus PT BPR CIPATUJAH JABAR (Perseroda) adalah simpanan berjangka sebagai bagian dari investasi jangka panjang nasabah.

Keunggulan Deposito Super Plus bank CiJ antara lain suku bunga mengacu pada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang berlaku saat pembukaan rekening, cashback dan/atau Bunga dapat dibayar dimuka, dapat dijadikan agunan Kredit, dan biaya administrasi sangat ringan.

Itulah beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih deposito BPR yang tepat. Pastikan Anda selalu melakukan penelitian tentang produk ini sebelum membuat keputusan.

Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda.