Bahaya Pinjaman Online Ilegal, Jangan Sampai Terjerat

Bahaya Pinjaman Online Ilegal, Jangan Sampai Terjerat

Bahaya Pinjaman Online Ilegal, Jangan Sampai Terjerat

Pinjaman online ilegal atau kita sebut dengan pinjol ilegal telah menjadi masalah yang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Pinjaman online ilegal dianggap sebagai bentuk pinjaman yang berisiko tinggi, karena tidak mengikuti standar industri keuangan yang berlaku.

Kamu bisa melihat daftar pinjol ilegal melalui website Otoritas Jasa Keuangan.

Bahaya Pinjol Ilegal yang Perlu Diperhatikan

Pinjol ilegal dapat menimbulkan berbagai risiko bagi para peminjam yaitu sebagai berikut:

1. Bunga yang sangat tinggi

Pertama, pinjol ilegal biasanya memiliki bunga yang lebih tinggi daripada pinjaman yang ditawarkan oleh perusahaan yang memiliki lisensi.

Pinjol ilegal juga dapat mengakibatkan biaya tambahan yang dikenakan kepada peminjam, misalnya biaya administrasi dan biaya lainnya.

2. Bisa mengambil alih aset

Kedua, perusahaan yang menawarkan pinjol ilegal juga dapat mengambil alih aset peminjam untuk membayar pinjaman. Ini bisa menjadi risiko yang serius bagi para peminjam yang tidak memiliki cukup uang untuk membayar pinjaman.

3. Menimbulkan masalah hukum

Ketiga, pinjaman online ilegal juga dapat menyebabkan masalah hukum bagi para peminjam. Dalam beberapa kasus, pinjaman ilegal telah menimbulkan tuntutan hukum bagi para peminjam karena pinjaman itu tidak sah.

Untuk menghindari risiko yang terkait dengan pinjol ilegal, penting bagi para peminjam untuk hanya meminjam uang dari perusahaan yang memiliki lisensi dan izin untuk menawarkan pinjaman di wilayah tertentu.

Selain itu penting untuk membaca syarat dan ketentuan yang terkait dengan pinjaman untuk memastikan bahwa pinjaman itu sah dan tidak berisiko.